Biaya Sekolah Penerbangan Melangit

Sudah bukan rahasia lagi kalau sekolah penerbangan memakan biaya yang tidak murah. Biaya yang tidak murah ini berlaku di seluruh sekolah pilot baik di dunia maupun di Indonesia. Biaya sekolah pilot di Fillipina (All Asia Aviation Academy) mencapai USD 43.000 atau sekitar Rp. 580.500.000,00. Biaya ini cukup terjangkau bila dibandingkan dengan biaya sekolah pilot di Indonesia, khususnya sekolah pilot swasta di Indonesia. Bila anda memilih sekolah penerbangan negeri, dapat dipastikan biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan tidak akan sebanyak saat anda memutuskan untuk mengenyam pendidikan di sekolah pilot swasta. Biaya sekolah tinggi penerbangan Indonesia Curug pada tahun 2015 adalah sebesar 80 juta. Biaya STPI Curug tahun 2015 ini termasuk murah. Biaya sekolah STPI Curug memang murah karena mendapat subsidi dari pemerintah. Mulai tahun 2016, kementerian perhubungan sudah tidak lagi memberikan subsidi untuk calon pilot yang bersekolah di STPI Curug. Biaya STPI Curug 2016 mencapai 493.550.000 untuk pilot pesawat terbang, sedangkan biaya pendidikan untuk pilot helikopter adalah sebesar 610.240.000. Biaya pendidikan pilot helikopter lebih besar, karena biaya operasional untuk sebuah helikopter lebih besar dari pesawat biasa. Biaya STPI curug 2017 cenderung tidak mengalami perubahan. Bila dibandingkan dengan biaya STPI Curug 2015, Biaya pendidikan tahun 2016 dan 2017 memang sangat mahal.
Namun, masih ada lagi biaya sekolah pilot yang lebih murah dari biaya sekolah STPI Curug, yaitu biaya sekolah ATKP Surabaya. anda akan dikenai biaya 48 juta sampai lulus bila anda memutuskan sekolah di ATKP Surabaya. Biaya sekolah pilot yang mahal sebanding dengan kualitas lulusan dari sekolah tersebut. Salah satu contohnya adalah sekolah pilot Nusa Flying School. Nusa Flying School menjalin kerjasama resmi dengan maskapai Lion Air. Para lulusannya sering dipesan menjadi pilot Lion Air. Ada yang mengatakan bahwa Nusa Flying School adalah sekolah pilot Lion Air. Biaya sekolah pilot Lion Air ini mencapai 828.750.000. selanjutnya, ada sekolah Bali International Flight Academy (BIFA) yang menjalin kerjasama dengan maskapai Garuda Indonesia. Biaya sekolah pilot Garuda yang mengenyam pendidikan di BIFA adalah sebesar 600 hingga 800 juta.
SMK Penerbangan, Mengenal Dunia Penerbangan dengan Biaya Murah
Untuk anda yang bercita-cita bekerja di dunia penerbangan, tidak perlu khawatir, berkarir di dunia penerbangan tidak harus menjadi pilot, anda bisa jadi bagian lain seperti ATC, Marshaller dll, untuk mengetahui gambaran tentang dunia penerbangan, anda dapat melanjutkan sekolah di SMK penerbangan. Anda akan dibekali pengetahuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan dunia penerbangan. Kualitas lulusan SMK penerbangan juga tidak main-main. Lulusan SMK penerbangan telah tersebar di instansi yang berhubungan dengan lembaga penerbangan seperti Sriwijaya Air, Lion Air Cathay Pacific, Garuda Maintenance Facility (GMF) dan masih banyak lagi. Biaya SMK Penerbangan tidak mahal, biayanya tidak lebih dari 10 juta. Salah satu smk penerbangan yang berkualitas baik adalah smk penerbangan AAG Adisutjipto yogyakarta. Biaya smk penerbangan yogyakarta berkisar antara 8 juta hingga 10 juta.