Ketentuan Pendaftaran STPI 2017/ 2018

Pendaftaran STPI 2018 kembali dibuka, pendaftaran STPI tahun ini dibuka dalam beberapa jenis jurusan kedinasan. Kalian semua putra-putri bangsa yang ingin melanjutkan sekolah pada sekolah penerbangan sebaiknya membaca dulu ketentuan pendaftarannya. Ketika sudah mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkannya maka kalian bisa segera mempersiapkan diri agar kelak mendapatkan hasil yang terbaik. Sekolah tinggi penerbangan Indonesia atau yang sering dikenal dengan STPI ini merupakan jenis sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan merupakan bentuk pendidikan yang berbeda dengan bentuk pendidikan pada umumnya.

Pendaftaran sekolah kedinasan penerbangan tahun 2018 ini tidak jauh berbeda dengan ketentuan pendaftaran STPI 2017 tahun lalu. Berikut ini kami berikan informasi terkait dengan pengumuman penerimaan calon Taruna atau Taruni pola pembibitan di sekolah kedinasan Kementrian Perhubungan di tahun akademik 2018/2019. Adapun terkait dengan program studi, syarat-syarat, tata cara melakukan pendaftaran serta biaya pendidikannya bisa dilihat dalam uraian berikut ini.

Program Studi yang Tersedia

  1. Terdapat sejumlah 2.676 program studi yang ditawarkan oleh sekolah tinggi kedinasan penerbangan kali ini. Sebanyak 1.988 merupakan formasi program studi dari bentuk pembibitan Kemenhub serta 688 formasi program studi merupakan pembibitan dari pola pembibitan dari Pemda.
  2. Setiap calon Taruna atau Taruni hanya diperbolehkan untuk memilih 1 (satu) program studi saja
  3. Setiap calon Taruna atau Taruna yang ikut pola pembibitan dari Pemda harus memiliki KTP yang sesuai dengan domisili wilayah formasi Program Studi Pemerintah Daerah. Hal ini dapat dibuktikan dengan Kartu tanda penduduk serta kartu keluarga.
  4. Untuk calon Taruna serta Taruni yang ikut dalam program pola pembibitan Pemda harus memperhatikan dengan benar-benar ketentuan yang ada di nomor IX sebelum melakukan pendaftarannya. Hal ini perlu dilakukan agar calon pendaftar tidak salah saat melakukan pendaftaran. Karena jika ada kesalahan maka sudah tidak dapat dianulir lagi.
  5. Calon Taruna serta Taruni yang ikut dalam formasi Kemenhub bisa menentukan program studi yang ada tanpa adanya batasan domisili asal

Persyaratan Pendaftaran Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia

  1. Warga Negara Indonesia yang dibuktikan dengan kepemilikan kartu tanda penduduk
  2. Jumlah usia paling tinggi yaitu 23 tahun serta usia paling sedikit yaitu 16 tahun per 1 September 2018. Khusus untuk D-II PKB STTD usia minimal 17 tahun, S-III LLU usia minimal 18 tahun dan D-IV LLU usia minimal 17 tahun
  3. Persyaratan nilainya tidak dari hasil pembulatan untuk calon taruna serta taruni yang mengikuti pola pembibitan. Dimana untuk lulusan tahun ajaran 2017 serta tahun sebelumnya harus memiliki nilai ujian rata-rata yang tertulis di Ijazah tidak kurang dari 7,00 (skala nilai 1-10)/70,00 (skala nilai 10-100) atau 2,8 untuk skala penilaian 1-5. Bagi calon pendaftaran di lulusan 2018 harus memiliki nilai rata-rata sebagai komponen pengetahuan di 5 semester.
  4. Memiliki tinggi badan untuk laki-laki paling sedikit 160 cm sedangkan untuk perempuan paling sedikit 155 cm. Khusus untuk program studi D-III PKP tinggi minimal 165, program studi D-IV penerbangan bagi pria paling sedikit 165 cm serta untuk wanita paling sedikit 163 cm, sedangkan untuk program studi D-III OBU bagi pra harus memiliki tinggi paling sedikit 165 c, serta untuk wanita paling sedikit 160 cm.
  5. Memiliki badan yang sehat, tidak memiliki cacat baik itu cacat di fisik serta cacat di fisik, terbebas dari Narkoba serta HIV atau AIDS.
  6. Calon taruna tidak boleh memiliki tato atau bekas tato serta tidak boleh ditindik serta memiliki bekas tindik dibagian telinga
  7. Untuk calon taruni tidak boleh memiliki tato atau bekas tato serta tidak boleh memiliki tindik atau bekas tindik dianggota badan kecuali telinga. Dan di telinga hanya boleh memiliki satu buat tindik saja.
  8. Memiliki ketajaman penglihatan normal serta tidak buta warna.
  9. Tidak sedang menjalani hukuman pidana atau sedang terancam hukuman pidana karena melakukan tindakan kejahatan
  10. Belum pernah dilakukan pemberhentian sebagai Taruna serta Taruni pada lingkungan Badan pengembangan SDM perhubungan serta perguruan tinggi dengan cara yang tidak hormat.
  11. Sanggup mematuhi segala peraturan pembibitan
  12. Sanggup apabila diberhentikan secara tidak hormat ketika terbukti melakukan beberapa tindakan kriminal diantaranya mengonsumsi serta menjual belikan narkotika, melakukan tindakan kekerasan serta melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual.
  13. Calon taruna serta taruni akan dinyatakan gugur ketika terbukti melakukan pemalsuan dokumen
  14. Siap menandatangani surat pernyataan calon untuk calon taruna serta taruni dengan dicap materai 6000 rupiah
  15. Untuk program studi D-III PKP hanya diperuntukkan untuk pria saja
  16. Untuk calon Taruna serta Taruni pada program studi STTD harus mengikuti pendidikan di kampus yang telah ditunjuk oleh STTD sesuai dengan pilihan program setudinya
  17. Setiap calon peserta wajib memiliki surat elektronik atau email yang masih aktif

Ketentuan Pembiayaan

  1. Selama dalam proses pendidikan semua biaya akademik mulai dari biaya SPP atau semester, biaya Masa Dasar Pembentukan karakter akan ditanggung oleh pemerintah
  2. Biaya penunjang akademik untuk batas atas serta batas bawah ketentuannya sesuai dengan lokasi kampus atau disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan
  3. Biaya per makanan atau konsumsi dibayarkan setiap bulannya
  4. Semua biaya bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan peraturan yang berlaku

Demikianlah beberapa ketentuan pendaftaran STPI, semoga uraian ini bisa membantu kita semua ketika hendak mendaftar STPI.