Pendaftaran sekolah penerbangan curug dan lion air

Sekolah penerbangan atau sekolah pilot masih menjadi idaman bagi sebagian orang. Pendaftaran sekolah tinggi penerbangan Indonesia pun selalu dipenuhi para calon siswanya setiap tahunnya. Walaupun biayanya mahal, tetapi kalau mengingat gaji per bulan yang akan diterima ketika sudah menjadi pilot, mereka akan rela mengeluarkan uang untuk biaya pendidikannya. Terlebih jika sekolah pilot yang dimaksud memiliki kerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan. Jaminan pekerjaan pun seakan sudah ada di depan mata.

Selain masuk sekolah tinggi penerbangan swasta, ada pilihan alternatif lainnya. Anda bisa masuk sekolah penerbangan yang memiliki ikatan dinas atau dimiliki oleh pemerintah. Walaupun seleksi masuknya sangat sulit karena hanya menerima tidak lebih dari puluhan siswa tiap tahunnya, namun biaya pendidikan yang ada di sekolah ikatan dinas sangat terjangkau.

Salah satu sekolah ikatan dinas yang sangat diminati oleh para calon pilot adalah Sekolah tinggi penerbangan Indonesia Curug atau STPI Curug. Setiap tahunnya sekolah ini hanya menyediakan kuota 12 orang bagi para calon pilot. Dapat dibayangkan betapa ketatnya persaingan masuk sekolah ini. Selain STPI Curug, sekolah penerbangan lainnya yang cukup diminati adalah sekolah penerbangan yang bekerja sama dengan maskapai lion air. Alasan banyak orang memilih melanjutkan di sekolah ini adalah karena bisa menjamin pekerjaan di maskapai tersebut setelah lulus nanti.

Berikut kami akan membahas kedua sekolah penerbangan atau sekolah pilot yang selalu menjadi incaran para calon pilot setiap tahunnya.

Sekolah tinggi penerbangan Indonesia (STPI) Curug

Pendaftaran smk penerbangan Curug tiap tahunnya memang selalu dipadati oleh calon siswa. Bagaimana tidak, sekolah ini adalah sekolah yang memiliki biaya sangat terjangkau untuk ukuran sekolah pilot. Untuk menjadi peserta didik di STPI, para calon siswa terlebih dahulu harus mengikuti dan lolos seleksi yang tersedia. Tersedia empat seleksi yaitu akademis, kesehatan, psikotes dan wawancara.

Berbeda dengan pendaftaran stpi Curug 2016/2017, kali ini STPI Curug membuka 6 jurusan yang bisa dipilih calon siswanya. Jurusan tersebut adalah D IV Teknik Pesawat Udara, D IV Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara, D IV Teknik Listrik Bandara, D IV Pemandu Lalu Lintas Udara, D III Teknik Mekanika Bandara dan D III Operasi Bandar Udara.

Namun sama seperti pendaftaran stpi curug tahun 2017, persyaratan administrasi yang harus disertakan relatif sama, yaitu:

  1. Usia maksimum 23 tahun.
  2. Jenis kelamin pria atau wanita.
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama masa pendidikan (dibuktikan dengan surat pernyataan).
  4. Tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm.
  5. Melampirkan pas foto 4×6 dengan latar belakang merah, ijazah, nilai UN, akte kelahiran dan surat keterangan belum menikah dari kelurahan.
  6. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna dan tidak menggunakan kacamata (lensa kontak).
  7. Membayar biaya pendaftaran dan biaya TPA (berlaku berbeda tiap tahunnya).

Pendaftaran STPI Curug 2017 dan 2018 memiliki tata caranya. Pendaftaran awalnya dilakukan secara online. Untuk tata caranya adalah sebagai berikut:

  1. Calon siswa atau calon taruna hanya boleh mendaftar di satu sekolah kedinasan lembaga. Jika diketahui mendaftar lebih dari satu, otomatis dinyatakan gugur.
  2. Lakukan pendaftaran secara online melalui sscndikdin.bkn.go.id untuk mendapatkan username dan password.
  3. Lalu registrasi ulang menggunakan bukti pendaftaran melalui portal sipencatar kemenhub di sipencatar.dephub.go.id dengan menggunggah berkas lamaran sebagai tanda bukti pendaftaran lagi.
  4. Semua berkas akan diunggah dalam bentuk softcopy, berkas yang diunggah adalah akte kelahiran (format JPEG/PNG, maks 500 kb), Pas foto berlatar merah (ukuran 400×600 px, ukuran 300-500 kb), KK (format JPEG/PNG, maks 500 kb), ijazah SMA/sederajat (format JPEG/PNG, maks 500 kb), surat keterangan peserta UN dari kepala sekolah, surat keterangan belum menikah, surat pernyataan calon taruna (bermaterai) dan tanda bukti pendaftaran dari portal sscndikdin.go.id

Pendaftaran sekolah pilot 2017 di Curug semakin dipadati para calon siswanya. Tentu saja, karena setelah lulus kebanyakan alumni stpi telah tersebar ke beberapa lapangan pekerjaan. Misalnya maskapai penerbangan, pengelola bandar udara, perusahaan penyedia layanan lalu lintas udara, dll. Selain itu, biayanya juga terjangkau dan bisa bersaing dengan sekolah penerbangan lainnya.

Sekolah penerbangan Lion Air

Sama seperti pendaftaran stpi Curug, pendaftaran sekolah pilot yang bekerja sama dengan maskapai Lion Air juga semakin diminati para calon pilot. Alasannya karena kesempatan kerja yang besar di maskapai itu ketika mereka lulus nanti. Tidak hanya di Lion Air, namun juga di batik air dan wing air sebagai anak perusahaannya.

Tidak hanya menyediakan jasa penerbangan, Lion air juga memiliki sekolah yang dahulunya bernama wings flyng school (wfs) dan sekarang bernama angkasa aviation academy (aaa). Pada tahun 2017 lalu, biaya pendiidikan yang harus dikeluarkan siswanya adalah sebesar 450-600 juta sampai lulus. Lamanya pendidikan bisa mencapai 12-18 bulan.

Pendaftaran sekolah pilot ini memiliki persyaratan. Persyaratannya adalah:

  1. Laki-laki, WNI dan belum menikah.
  2. Tinggi minimum 165 cm dan belum menikah.
  3. Lulusan SMA, SMK Elektro atau mesin.
  4. Usia minimal 18 dan maksimal 25 tahun.
  5. Nilai rapot kelas X-XII dan ijazah minimal 7 untuk mata pelajaran matematika, fisika dan bahasa inggris.
  6. Lulusan D3 atau S1, semua jurusan, IPK minimal 3 dan usia maksimal 27 tahun.

Selain persyaratan di atas, calon siswa harus menyertakan beberapa dokumen untuk pendaftaran sekolah pilot lion air, dokumen ini adalah Surat lamaran ditulis dengan tangan CV / data diri Formulir Aplikasi (dapat diunduh di websitenya), Fotokopi ijazah terakhir dan Raport kelas X-XII yang telah dilegalisir, Fotokopi Sertifikat Pre-TOEFL, Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP Fotokopi, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dilegalisir, Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Laboratorium, Rumah Sakit atau Instansi Resmi, asli bukan fotokopi, Surat Keterangan belum menikah dari RT/RW setempat, asli bukan fotokopi, Surat Keterangan Tidak buta warna dari Dokter Mata, asli bukan fotokopi, Foto seluruh badan berwarna, ukuran postcard, 1 lembar, Pas Foto 4×6 sebanyak 2 lembar.

Itulah beragam persyaratan yang harus dipenuhi untuk pendaftaran sekolah tinggi penerbangan. Khususnya stpi curug dan sekolah pilot lion air.