Pendaftaran sekolah pilot Garuda Indonesia

Jika berbicara tentang profesi yang menarik atau menjanjikan, pilot menjadi salah satu jawabannya. Punya penghasilan tinggi, keren dan bisa berpergian ke berbagai negara secara gratis. TIdak heran kalau sekolah penerbangan atau sekolah pilot begitu diminati. Walaupun biayanya mahal, tapi dengan penghasilan puluhan juta yang akan diterima jika sudah menjadi pilot, biaya pendidikan itu seakan tidak berarti. Hal ini pula yang menyebabkan pendaftaran sekolah penerbangan selalu menjadi incaran para calon pilot.

Setiap tahunnya, sekolah penerbangan atau sekolah pilot menjadi sasaran bagi lulusan SMA atau bahkan yang sudah lulus kuliah. Apalagi jika sekolah tersebut memiliki kerja sama dengan salah satu maskapai penerbangan. Selain berkualitas bagus, jaminan pekerjaan yang dijanjikan oleh sekolah itu juga menjadi hal yang diinginkan ketika siswa sudah lulus. Seperti halnya sekolah yang bekerja sama dengan maskapai besar di Indonesia, Garuda. Pendaftaran pilot Garuda memang sebagian besar menjadi incaran bagi lulusan sekolah penerbangan.

Syarat untuk menjadi pilot

Sebelum kita membahas mengenai pendaftaran pilot yang selalu menjadi incaran tiap tahunnya, terlebih dahulu kita akan membahas mengenai syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pilot. Karena memang pilot bukan profesi yang main-main dan sangat berhubungan dengan keselamatan orang banyak.

Syarat yang harus dipenuhi para calon pilot adalah:

  1. Pastikan sehat secara jasmani dan rohani. Calon pilot harus menjalani pemeriksaan kesehatan. Dari mulai periksa mata, telinga, gigi, tekanan darah, jantung, dll.
  2. Memiliki tinggi badan dan berat badan proporsional sesuai dengan syarat yang ditetapkan.
  3. Sudah memenuhi usia minimum, batasan usianya adalah 18 tahun.
  4. Mampu berbahasa Inggris secara aktif (berbicara) dan pasif (membaca).
  5. Mampu berhitung perhitungan sederhana secara cepat.
  6. Menguasai teknik fisika dasar.
  7. Menguasai berbagai pengetahuan dasar seputar penerbangan. Dari mulai bagian-bagian pesawat, instrumen pesawat terbang, menentukan arah dari satu tempat ke tempat lainnya menurut kompas (dipelajari ketika sudah menjadi siswa di sekolah penerbangan).
  8. Sudah mencari informasi mengenai sekolah-sekolah penerbangan yang memiliki kualitas baik.

Macam-macam lisensi yang ada di dunia penerbangan

Ketika kita melihat persyaratan nomor 8, kita memang harus aktif mencari tahu sekolah mana saja yang memiliki kualitas baik dan standar yang bagus untuk sekolah penerbangan. Apalagi jika sekolah tersebut sudah memenuhi kriteria untuk mengeluarkan lisensi penerbangan yang sudah diakui. Sebelum kita membahas mengenai pendaftaran penerbangan, khususnya sekolah penerbangan yang menjalin kerja sama dengan maskapai garuda, kita akan membahas beberapa lisensi yang ada di dunia penerbangan.

Lisensi yang ditawarkan oleh sekolah penerbangan ada empat, yaitu:

  1. PPL (Private Pilot License)

Lisensi awal yang diperoleh oleh setiap siswa di sekolah penerbangan untuk menerbangkan pesawat bermesin tunggal. Tujuannya untuk keperluan pribadi setelah jam terbangnya sudah mencapai 60 jam (ini yang berlaku di Indonesia). Pilot yang sudah mengantongi lisensi ini sudah bisa menerbangkan jet dan heikopter untuk rekreasi atau bisnis dan hanya boleh siang hari. Pemegang lisensi ini tidak dipekerjakan oleh maskapai penerbangan untuk membawa pesawat komersil.

  1. CPL (Commercial Pilot License)

Merupakan lisensi lanjutan setelah PPL yang didapat setelah 200 jam terbang (yang berlaku di Indonesia). Lisensi ini untuk menerbangkan pesawat komersial dan membawa penumpang. Pilot pemegang lisensi ini bisa bekerja dan dibayar di maskapai penerbangan. Namun jarak tempuh dan jam terbangnya masih dibatasi. Misalnya hanya boleh pada siang hari.

  1. IR (Instrument Rating)

Lisensi tambahan untuk melengkapi CPL. Pilot dapat menerbangkan pesawat di siang maupun malam hari dengan keadaan cuaca yang agak buruk dan bisa mengganggu penglihatan. Lisensi ini diterima jika siswa yang sudah mendapatkan CPL melanjutkan jam terbangnya selama 20 jam.

  1. MER (Multi-Engine Rating)

Merupakan lisensi untuk menerbangkan pesawat bermesin ganda atau bermesin banyak. Karena ketika menerbangkan pesawat ini, kinerja dan kecepatan yang lebih cepat jadi akan lebih beresiko. Pemegang lisensi ini selain bisa menjadi pilot juga bisa menjadi instruktur.

Sekolah penerbangan BIFA

Jika tadi kita sudah membahas syarat yang harus dipenuhi calon pilot dan lisensi yang dimiliki pilot, kita akan membahas sekolah penerbangan yang bekerja sama dengan maskapai garuda. Sekolah itu bernama BIFA atau Bali International Flying Academy. Pendaftaran pilot 2017 di sekolah ini selalu menjadi incaran para calon pilot.

BIFA menyediakan program pelatihan untuk melatih para siswanya dan bisa mendapatkan lisensi komersial pilot dengan standar yang tinggi. BIFA juga menyediakan tiga lisensi penerbangan yang bisa didapatkan para siswanya, yaitu PPL, CPL dan IR. Ketiganya merupakan program studi yang ada di BIFA.

Jika anda ingin menjadi siswa di sekolah ini, anda harus mengikuti dan lolos empat tahapan seleksi. Yang pertama ada tes Auri (matematika dasar, fisika dasar, IQ, psikotes dan kepribadian, serta psikomotorik). Ada juga TOEIC (Test of English for Internal Communication). Yang kedua adalah tes aeromedex (pemeriksaan kesehatan lebih lanjut, seperti debar jantung, USG, kejiwaan, dan lain sebagainya). Yang ketiga adalah tes wawancara dan yang keempat adalah tes kesehatan.

Jika kita melihat fasilitas yang disediakan, wajar saja jika pendaftaran BIFA 2017 begitu diminati. Fasilitas yang disediakan sekolah yang berlokasi di Buleleng, Bali, ini memiliki pesawat latih bermesin tunggal dan bermesin ganda. Menyediakan hanggar dan asramanya sendiri. Selain ruang kelas untuk pembekalan teori, BIFA juga memiliki kelas simulasi terbangnya sendiri.

Jika anda memang sudah ingin melakukan pendaftaran BIFA, perkiraan biaya yang harus anda keluarkan hingga lulus adalah 650 juta. Namun ini dirasa sebanding jika anda memang berhasil menjadi pilot dan bekerja di maskapai ternama di Indonesia, Garuda Indonesia Airways.